YANG WAJIB ANDA KETAHUI TENTANG MANFAAT PISANG

By: Yuni Poerwanti

SALAMIBU – Tubuh kita membutuhkan nutrisi yang cukup. Konsumsi buah-buahan secara langsung sangat dianjurkan sebagai penyeimbang asupan tubuh. Buah yang memiliki segudang manfaat karena banyak mengandung nutrisi, cepat dicerna, menambah tenaga, dan sangat baik dikonsumsi saat berolahraga adalah pisang, karena kandungan gizinya tinggi. Apalagi Anda yang beraktivitas padat atau atlet sebelum bertanding tidak memungkinkan sarapan terlalu berat, maka mengkonsumsi pisang sesuai kondisi menjadi salah satu pilihan utama.

Pisang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, terutama karena memberikan rasa kenyang lebih lama. Seperti dikutip dari DokterSehat, kandungan nutrisi buah pisang secara umum pada setiap buah pisang matang mengandung:  99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 miligram (mg), serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0,5 mg, vitamin A 44 RE, vitamin B 0,08 mg, vitamin C 3 mg, dan air 72 gram.

Pilihlah pisang yang sudah matang, yang berkulit hijau kekuning-kuningan dengan bercak cokelat atau kuning, inilah yang akan mudah dicerna, dan gula buah diubah menjadi glukosa alami secara cepat diserap ke dalam peredaran darah, sementara pisang yang mentah akan sulit dicerna.

Nutrisi yang banyak terkandung di dalam buah pisang tentu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin sesuai kondisi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah pisang secara konsisten memiliki manfaat dan kasiat, antara lain:

  1. Sumber energi

Pisang mudah dicerna sebagai sumber energi, gula yang terdapat di dalamnya diubah menjadi sumber tenaga secara cepat, bagus untuk pembentukan tubuh terutama untuk kerja otot, sangat baik untuk menghilangkan rasa lelah.

  • Mencegah kram otot.

Tidak heran jika para atlet banyak yang mengonsumsi pisang karena bisa membantu melindungi diri dari kram otot selama latihan dan kram kaki.

  • Terhindar dari penyakit kanker

Mengonsumsi pisang secara konsisten dapat melindungi tubuh dari kanker ginjal. Sebuah studi di Swedia pada 2005 menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih dari 75 porsi buah dan sayuran mengurangi risiko kanker ginjal hingga 40 persen, dan pisang menjadi buah yang bekerja sangat efektif..

  • Mengatasi anemia

Pisang yang dimakan oleh pasien anemia setiap hari sudah cukup, karena mengandung Fe (zat besi) tinggi.

  • Mengatasi penyakit usus dan lambung

Caranya, pisang dimasukkan dalam segelas susu cair, dapat menjadi obat bagi yang mengalami kasus penyakit usus dan lambung agar menetralkan asam lambung.

  • Membantu pasien yang menderita diare

Dengan cara mengonsumsi buah pisang utuh ataupun krim pisang (seperti untuk makanan bayi).

  • Mempertahankan terhadap inflamasi

Pisang mampu menahan peradangan, merupakan mekanisme tubuh dalam melindungi diri dari infeksi mikroorganisme asing, seperti virus, bakteri, dan jamur, karena vitamin C dapat terproses secara cepat.

  • Membantu penderita lever

Caranya, mengonsumsi dua buah pisang ditambah satu sendok madu, akan menambah nafsu makan dan memperkuat tubuh.  

  • Menyembuhkan luka bakar

Daun pisang dapat digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar. Caranya daun pisang dibakar campurkan abu daun pisang, ditambah minyak kelapa, oleskan pada bagian yang terbakar. Pengaruhnya mendinginkan kulit.

  1. Membantu penyembuhan pasien diabetes

Pisang mampu mendorong penyembuhan bagi yang bermasalah dengan diabetes. Ada daerah yang pisangnya khas untuk daerah setempat dan merupakan makanan tambahan atau makanan pokok bagi orang yang menderita penyakit gula atau diabetes melitus. Buah pisang tersebut banyak dikenal dengan pisang kapok atau pisang goroho daerah Gorontalo dan sekitarnya. Pisang yang belum terlalu matang, dikukus  bisa sebagai pengganti nasi, dimakan dengan lauk sesuai selera atau bisa juga dicampur dengan kelapa parut muda.

  1. Menghaluskan kulit

Caranya, bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu, dioleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama 30-40 menit. Basuh dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin atau es, diulang selama 15 hari, akan menghasilkan pengaruh yang menakjubkan pada kulit Anda.

  1. Menghilangkan jerawat

Caranya, sebelumnya bersihkan wajah Anda. Pijat wajah dengan kulit pisang lalu tunggu 20 menit kemudian bilas dengan air dingin. Hal ini dapat menenangkan kulit Anda dan juga mencegah timbulnya jerawat di kemudian hari.

  1. Mengontrol berat badan

Pisang memiliki peranan dalam penurunan  atau juga menaikkan berat badan. Caranya adalah dengan  mengkonsumsi empat buah pisang dan empat gelas susu non-lemak cair per hari sedikitnya tiga hari dalam seminggu, jumlah kalori hanya 1250 dan menu tersebut cukup menyehatkan bukan? Sedangkan untuk menaikkan berat badan,  dapat mengonsumsi satu gelas banana milk-shake dicampur madu, buah-buahan, kacang, dan mangga sesudah makan.

  1. Mengatasi depresi

Pisang membantu mengatasi depresi karena kadar tryptophan yang tinggi, diubah menjadi serotonin – neurotransmitter otak sehingga menimbulkan suasana bahagia.

  1. Membantu ibu hamil

Buah pisang baik dikonsumsi para ibu hamil, karena mengandung asam folat yang mudah diserap janin dirRahim, asalkan jangan terlalu berlebihan, sebab satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori.

  1. Memperkuat dan membangun tulang

Buah pisang mengandung kalsium, sehingga membantu menguatkan kuat tulang apalagi kalsium yang hilang saat buang air kecil.

  1. Mengatasi suasana hati

Buah pisang mampu mengatasi mood dan meningkatkan suasana hati, karena bisa mengatur gula darah dan menghasilkan relaksasi penghilang stres.

  1. Menurunkan hipertensi

Ternyata buah pisang memiliki tinggi kalium dan rendah garam. Sehingga mampu menurunkan tekanan darah dan melindungi terhadap serangan jantung serta stroke.

  1. Membuang racun dalam pencernakan

Buah pisang membantu membuang racun dalam pencernaan dan dengan lembut mengelupaskan racun dan logam berat dari dalam tubuh.

  • Sebagai prebiotik

Merangsang pertumbuhan bakteri ramah di usus, juga memproduksi enzim pencernaan untuk membantu menyerap nutrisi.

  • Mengatasi sembelit

Dengan serat yang tinggi, pisang dapat membantu menormalkan motilitas usus.

  • Meredakan sakit maag

Satu-satunya buah mentah yang dapat dikonsumsi penderita sakit maag, dengan melapisi selaput lambung terhadap asam korosif yang  bisa meredakan stress.

  • Mencegah kanker ginjal

Membantu mencegah kanker ginjal, melindungi mata terhadap degenerasi makula dan membangun tulang yang kuat dengan meningkatkan penyerapan kalsium.

  • Pemulihan setelah berhenti merokok

Mengandung kadar vitamin B yang tinggi serta kalium dan magnesium, sehingga mempercepat pemulihan dari efek merokok.

  • Mengatasi penuaan dini


Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan vitamin B6 yang bisa membantu merawat kulit wajah. Mengonsumsi pisang secara rutin dapat mengurangi masalah wajah, antara lain penuaan dini yang ditandai dengan kulit kusam, muncul flek hitam, garis-garis halus atau keriput, dan kulit yang mengendur.


Itulah manfaat dan kasiat buah pisang yang menakjubkan untuk kesehatan tubuh dan membantu pencegahan penyakit. Adalah pilihan tepat jika kita selalu menambahkan pisang sebagai sarapan atau teman sehat. Semoga bermanfaat! [YP]

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.