Tips Mudah Perawatan Wajah untuk Remaja Bunda

SALAMIBU – Kulit mengalami banyak masalah selama masa remaja. Perubahan hormonal, paparan kotoran, polusi dan sinar matahari, stres saat ujian dan gejolak kehidupan sosial, semuanya merupakan faktor-faktor yang mendatangkan malapetaka pada kulit. Ini bisa membuat frustasi bagi remaja Bunda.

Di situlah rutinitas perawatan kulit yang baik berperan. Rutinitas perawatan kulit yang baik dapat memelihara kulit dan mencegahnya dari berbagai penyakit kulit, termasuk jerawat menjadi yang utama di masa remaja.

Jangan khawatir, menurut Boldsky, bagi para remaja yang kesulitan menemukan rutinitas perawatan kulit yang ideal, inilah rutinitas perawatan kulit yang sederhana:

Membersihkan

Seperti semua rutinitas perawatan kulit yang baik, perawatan kulit remaja harus dimulai dengan pembersihan. Membersihkan sangat bagus untuk kulit. Ini menghilangkan semua kotoran dan penumpukan dari wajah. Gunakan pembersih wajah yang lembut dan basuh wajah secara menyeluruh.

Setelah selesai mencuci muka, gunakan handuk lembut untuk mengeringkan dengan lembut. Jika berurusan dengan jerawat, gunakan pembersih wajah khusus untuk kulit berjerawat. Ini membantu untuk mengatasi masalah dan membantu mempercepat proses penyembuhan kulit.

Melembabkan

Langkah selanjutnya adalah melembabkan kulit. Kulit kering adalah penyebab banyak masalah kulit. Jika menginginkan kulit yang lembut dan halus seperti sutra, pelembab adalah suatu keharusan. Cari pelembab yang sesuai dengan jenis kulit dan oleskan setiap pagi. Ingat, kulit yang terhidrasi adalah kulit yang sehat.

Tabir surya

Bagian terakhir dari rutinitas perawatan kulit singkat dan sederhana Anda adalah tabir surya. Di masa remaja, kita tidak menaruh banyak perhatian untuk melindungi kulit saat melangkah keluar di bawah sinar matahari. Ini bisa menjadi kesalahan perawatan kulit terbesar. Sinar matahari yang berbahaya dapat menyebabkan banyak kerusakan pada kulit, terutama kulit remaja yang sensitif dan rentan rusak.

Oleskan tabir surya dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit. Ini adalah langkah perawatan kulit yang penting tidak peduli usia. Bersamaan dengan rutinitas perawatan kulit ini, masa remaja juga merupakan waktu untuk mengembangkan beberapa kebiasaan perawatan kulit yang akan membuat perawatan kulit lebih mudah di tahun-tahun mendatang.

Berikut adalah beberapa hal penting yang harus dan tidak boleh dilakukan yang juga harus Bunda perhatikan untuk menjaga kesehatan kulit.

Anjuran

Cuci muka dua kali

Kita sering salah paham bahwa sering mencuci wajah membantu menjaganya tetap bersih dan jauh dari masalah kulit. Ini sangat salah. Mencuci wajah secara berlebihan menghilangkan kelembapan kulit, membuat kulit kering dan rentan. Jadi, penting untuk membersihkan wajah hanya dua kali sehari – sekali di pagi hari dan sekali di malam hari sebelum tidur.

Kenakan riasan hanya jika diperlukan

Sebagai remaja, tidak ada yang lebih menarik dari make-up. Apalagi dengan kehadiran media social, telah memperburuk keadaan. Seperti sebuah keharusan bagi kalangan remaja untuk bermakeup ketika di media sosial.

Padahal, memakai riasan tebal dapat menyumbat pori-pori kulit yang dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, noda, dan komedo. Bahan kimia yang digunakan dalam produk kosmetik juga banyak yang tidak ideal untuk kulit remaja. Jadi, pertahankan agar riasan remaka seminimal mungkin dan kenakan hanya jika diperlukan.

Tutupi kulit Anda

Remaja penuh energi. Itu normal untuk bertemu teman, bermain dan nongkrong di luar. Perlindungan kulit berlaku di sini. Saat  menikmati diri sendiri, matahari melakukan keajaibannya untuk merusak kulit. Jadi, kenakan tabir surya dan tutupi kulit sebanyak yang Anda bisa saat melangkah keluar. Syal, kardigan, atau topi adalah beberapa bagian yang bisa digunakan untuk melindungi kulit sekaligus menonjolkan gaya. Inilah saatnya untuk menjadi kreatif.

Larangan

Gunakan pasta gigi untuk menenangkan jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah remaja yang paling umum. Dan mengoleskan pasta gigi pada jerawat adalah saran umum yang diberikan oleh ahli kulit. Jangan lakukan itu. Pasta gigi mengandung bahan kimia yang sangat keras pada kulit dan akan merusak kulit dalam jangka panjang. Jadi, betapapun tergoda, jangan mengoleskan pasta gigi pada jerawat.

Berbagi riasan

Berbagi riasan adalah kebiasaan buruk yang harus segera dihentikan. Begitu banyak remaja, bahkan orang dewasa, yang menderita jerawat dan penyakit kulit lainnya. Saat berbagi riasan, Anda juga berbagi masalah bakteri dan kulit dengan orang lain. Apakah siap untuk itu? Kami tidak berpikir demikian. Jadi, simpan produk dan alat riasan Anda untuk diri sendiri. Ingat, berbagi tidak selalu peduli. [*]

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.