MEMAKNAI PAHLAWAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Pahlawan merupakan seorang pejuang yang memiliki keberanian dan rela berkorban untuk suatu kebenaran. Pahlawan tidak semua harus gugur di dalam medan perang. Banyak pula pahlawan di sekitar kita yang memberikan pengaruh penting dalam kehidupan sehari-hari.

SalamIbu – Bangsa Indonesia tidak lahir begitu saja sebagai suatu bangsa dan negara yang merdeka, tetapi terdapat banyak sekali perjuangan dan peristiwa yang dilaluinya. Lahirnya bangsa Indonesia yang merdeka dan berdaulat, juga merupakan hasil perjuangan para pahlawan. Banyak sekali para pahlawan perjuangan yang tercantum di dalam sejarah kemerdekaan Indonesia.

Sebagai warga negara Indonesia, mengenang dan menghargai jasa pahlawan sebaiknya memahami siapa yang dimaksud pahlawan. Pahlawan adalah tokoh penting dalam sejarah Indonesia. Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pahlawan diartikan sebagai orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, ataupun juga seorang pejuang yang gagah berani.

Jelaslah bahwa pahlawan adalah orang yang berkualitas bagi bangsanegara, dan agama karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran. Oleh karena itu, menghargai dan menghormati jasa pahlawan memang hal wajib dilakukan, terutama karena berkat jasa para pahlawan setiap warga negara Indonesia dapat menikmati kehidupan damai tanpa peperangan.

Negara Indonesia dapat menjadi negara dan bangsa yang bebas dan merdeka berkat para jasa para pahlawan kemerdekaan. Maka, penting untuk menghargai dan menghormati jasa pahlawan baik pahlawan perjuangan maupun pahlawan di masa sekarang. Sebagai warga negara Indonesia yang baik, mengenang dan menghargai jasa pahlawan, tidak hanya seremonial atau ucapan saja, melainkan dengan meneladani spiritatau semangat yang terpatri pada jiwa para pahlawan, yang kemudian diimplementasikan pada kehidupan kita sehari-hari. Agar, sama-sama menjaga keutuhan bangsa dan negara untuk kehidupan yang lebih baik.

Terdapat lima cara menghargai jasa pahlawan dan untuk dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari:

  1. Saling menghargai dan menghormati antar umat beragama

Pahlawan perjuangan menciptakan dan membangun pola hidup bersama antar umat beragama, saling menghargai dan menghormati, menjaga toleransi serta menjauhi sikap ketidakadilan/membeda-bedakan/diskriminatif pada ajaran agama lain. Satu tekad yang ingin dicapai dari kekuatan tersebut pada saat itu adalah Indonesia harus menang.

Walaupun kita bangsa Indonesia berbeda keyakinan, tetap saling bekerja bersama dalam hal yang bersifat memajukan kepentingan umum, seperti kerja bakti atau gotong royong. Sehingga selalu menjaga agar tidak memaksa seseorang untuk menganut agama tertentu, sesuai UUD 1945 bahwa setiap orang berhak untuk memilih dan memeluk agama sesuai dengan apa yang dikehendakinya agar tercapai kedamaian dan kenyamanan bersama.

  • Menghormati hak orang lain

Para pahlawan dapat meraih kemenangan karena mereka berjuang bersama, dengan mengesampingkan perbedaan suku, etnis, daerah, ras dan lainnya. Sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, bangsa Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang sama. Setiap manusia tidak dibeda-bedakan sukunya, agamanya, ras, etnisnya, dan budaya. Selain itu bangsa Indonesia menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM).

  • Menghargai perbedaan tetapi tetap bersatu

Meski  latar belakang  para pahlawan perjuangan Indonesia yang sangat beragam, tidak diragukan lagi mereka punya satu tujuan, yaitu  mencapai kemerdekaan. Kita meneruskan kehidupan setelah perjuangan melawan penjajah, menjaga keutuhan bangsa Indonesia yang semakin erat semakin maju dan semakin baik karena saling mendukung satu sama lain.

Contohnya: bangga akan karya bangsa kita sendiri; menghargai perbedaan, semua sama karena Indonesia bisa bersatu; mampu menggunakan Bahasa Indonesia yangmerupakan bahasa pemersatu. Artinya ketika kita berinteraksi meski berbeda suku dan budaya, maka Bahasa Indonesia menjadi penghubung yang menjembatani kita.

  • Musyawarah dan mufakat

Kemerdekaan Indonesia diraih para pahlawan dengan bersatu penuh kesadaran, khususnya menyangkut kepentingan bersama, dan terlebih dahulu diadakan musyawarah secara mufakat. Musyawarah untuk mencapai mufakat ini diliputi oleh semangat kekeluargaan yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

Manusia dilahirkan dengan naluri sebagai makhluk sosial. Atas dasar itulah manusia mempunyai kecenderungan dalam berhubungan atau berinteraksi dengan satu sama lain, sehingga melahirkan kesepakatan satu sama lain atas dasar tujuan untuk kepentingan bersama.

Kita bangsa Indonesia sebagai pemilik negara, pemegang kedaulatan tertinggi yaitu kebenaran mutlak yang menjadi pedoman dalam penyelenggaraan setiap keputusan. Hendaknya kita menghargai keputusan bersama; demokratis dalam kehidupan bermasyarakat; pengambilan segala bentuk keputusan bersama mesti mengutamakan berbagai prinsip-prinsip yang sesuai dengan ideologi kebiasaan masyarakat, untuk mencari mufakat; dan berani bertanggungjawab dalam melaksanakan keputusan.

  • Bersikaplah adil kepada sesama

Keadilan harus menjadi sesuatu yang menjadi hak setiap masyarakat Indonesia. Seluruh rakyat Indonesia mendapatkan perlakuan yang adil baik dalam bidang kebudayaan, agama, suku, hukum, politik, ekonomi, dan sebagainya.

Selalu menghormati hak-hak orang lain. Artinya memiliki semangat menyeimbangkan, menyelaraskan, menyerasikan antara hak dan kewajiban dalam masyarakat, turut menjaga kedaulatan Indonesia dengan cara memberikan penanaman jiwa nasionalisme termasuk mengembangkan sikap kedermawanan kepada sesama makhluk hidup, dengan cara saling berbagi dan tolong menolong. Tak lupa membiasakan hidup hemat, sederhana, bekerja keras serta menjauhi sikap tidak baik salah satunya bentuk pemerasan kepada sesame sebangsa dan setanah air.

Mudah-mudahan kita semua mampu menangkap setiap pesan pahlawan bahwa mengenang dan menghargai para pahlawan bukan hanya seremonial, melainkan keseriusan kita dalam meneruskan spiritnya dan mengimplementasikan spirit tersebut dalam kehidupan sehari-hari untuk memajukan Indonesia kedepan menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat [YP].

1 Comment
  1. Keren.. Setuju Ibu, dengan implementasi 5 prinsip diatas menumbuhkan pola hidup dan perilaku ‘pahlawan’ bagi diri sendiri, keluarga dan lingkungan untuk membentuk karakter bangsa. Selamat Hari Pahlawan Indonesia…

Leave a Reply

Your email address will not be published.