Manfaat Lain Bawang Putih di Samping untuk Memasak

SALAMIBU-Siapa yang tak kenal dengan bumbu dapur ini. Semua orang kenal dengan bawang putih karena manfaatnya pada masakan sangat dominan. Hampir semua masakan menggunakan bawang putih sebab kehadiran bawang putih dalam masakan dapat menambah cita rasa masakan.

Bawang putih telah dimanfaatkan sejak zaman Mesir kuno. Di India bahkan Tiongkok. Tanaman dari keluarga Allium atau bawang ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan medis.

Di luar pengaruhnya pada makanan, berbagai study hampir selalu mengaitkan bawang putih dengan penurunan tekanan darah, tingkat kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, serta memperbaiki sirkulasi darah dan menjauhkan risiko penyakit jantung.

Bawang putih dapat dikonsumsi mentah, namun jika dimasak disarankan jangan terlalu masak karena dapat menghancurkan kandungannya. Bunda ingin tahu manfaat bawang putih bagi kesehatan kita? Berikut manfaat bawang putih bagi kesehatan disarikan dari berbagai sumber;

Untuk kesehatan jantung

Bawang putih dikenal bermanfaat untuk kesehatan jantung. Ekstrak bawang putih berpotensi memberikan efek perlindungan untuk kesehatan jantung karena kemampuan bawang putih untuk menurunkan kolesterol, dan efek pengencer darah yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah.

Untuk mencegah kanker

Terdapat penelitian yang menyebut bawang putih dapat menekan aktivitas sel kanker. Sementara studi lain menemukan mereka yang terbiasa mengonsumsi bawang putih memiliki risiko lebih kecil terkena kanker usus besar. Namun, masih dibutuhkan penelitian dalam skala yang lebih besar untuk menerapkannya sebagai pengobatan secara medis.

Untuk kesehatan saluran cerna

Di samping bermanfaat untuk jantung, bawang putih juga bermanfaat untuk kesehatan saluran cerna. Zat Allicin yang ada dalam kandungan bawang putih berfungsi sebagai antibiotik juga antijamur, dan antiparasit atau obat cacingan. Penelitian menunjukkan bahwa manfaat bawang putih juga dapat digunakan untuk melawan infeksi bakteri H.pylori di lambung.

Untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Ekstrak bawang putih sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Bahkan beberapa peneliti menyebut bawang putih mampu melebarkan pembuluh darah serta mengendurkan otot halus.

Saat ini masih dilakukan penelitian kemungkinan bawang putih dapat menjadi obat hipertensi maupun kolesterol yang efektif.

Untuk mencegah pilek

Bawang putih dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhn dalam melawan virus, sehingga salah satu khasiatnya adalah dapat mencegah pilek.  Dalam penelitian itu juga disebut bahwa mereka yang terbiasa mengonsumsi bawang putih akan lebih jarang mengalami flu dan pilek. Mereka juga akan lebih cepat sembuh ketika terkena flu.

Jika Bunda ingin memanfaatkan bawang putih untuk suplemen kesehatan, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. (tvl)

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.