Enam Cara Sehat Makan Kentang

SALAMIBU – Kentang merupakan salah satu sayuran bertepung yang memiliki reputasi buruk dalam hal makanan sehat. Banyak orang menghindari kentang karena kandungan karbohidratnya yang tinggi serta protein dan serat dalam jumlah sedang.

Kentang memang serbaguna, bisa direbus, dibakar atau dipanggang, sering disajikan sebagai hidangan utama, lauk atau makanan ringan. Kentang adalah makanan penyedia energi dengan sedikit kandungan lemak. Ia kaya akan karbohidrat, vitamin C, kalium dan vitamin B. Kentang saat dimasak dengan kulit akan memberikan vitamin dan mineral penting seperti kalium, vitamin C, dan serat.

Untuk mendapatkan sebagian besar rasa dan nutrisi dari kentang, perlu memasaknya dengan cara yang sehat. Mengutip Boldsky, kemarin, ada beberapa cara memasak kentang yang lebih sehat buat tubuh kita.

1. Baked potatoes

Memanggang kentang dengan kulitnya tidak akan menambah lemak ekstra, sebaliknya Bunda akan mendapatkan lebih banyak serat makanan, vitamin C dan kalium. Penelitian telah menunjukkan bahwa kulit kentang mengandung banyak serat makanan. 100 g kentang yang dimasak dengan kulit menyediakan 2,1 g serat, sedangkan 100 g kentang yang dimasak tanpa kulit menyediakan 1,8 g serat.

Cara memasak: Potong kentang menjadi irisan. Letakkan di atas loyang dan taburi sedikit minyak zaitun serta bumbu sehat seperti bawang putih yang dihancurkan, paprika, garam, peterseli, dan bumbu lainnya. Panggang selama 30 hingga 35 menit dan sajikan panas. Hindari menambahkan keju ke dalamnya karena akan meningkatkan kandungan lemak.

2. Roasted Potatoes

Resep kentang panggang membuat lauk sempurna yang cocok dengan hampir semua hal yang Anda siapkan sebagai bagian dari menu makanan. Selain itu, memanggang kentang adalah cara yang sehat dan mudah. Namun, pastikan Anda merebus kentang dan menghindari memanggangnya lebih lama karena akan meningkatkan kandungan akrilamida dalam kentang panggang. Penelitian telah menunjukkan bahwa akrilamida memiliki efek merugikan pada tubuh.

Cara memasak: Potong beberapa kentang dan masukkan ke dalam minyak zaitun, garam, merica, dan rosemary. Letakkan di atas loyang dan panggang dalam oven selama 30 hingga 40 menit.

3. Kentang tumbuk

Cara sehat lain untuk makan kentang adalah dengan mengkonsumsinya dalam bentuk tumbuk tanpa tambahan mayonaise atau keju. Kentang tumbuk tidak hanya berfungsi sebagai lauk yang sempurna tetapi juga menjadi topping yang enak untuk burger atau sandwich buatan rumah.

Cara memasak: Rebus kentang dengan beberapa siung bawang putih. Tiriskan dan haluskan kentang dan bawang putih dengan garam, lada hitam, minyak zaitun dan daun bawang cincang.

4. Salad kentang

Salad kentang adalah sisi klasik hidangan. Resep ini sehat, mudah dan dikemas dengan nutrisi karena tambahan sayuran dan rempah-rempah dan tanpa tambahan mayones atau saus mustard.

Cara memasak: Rebus kentang dengan satu sendok teh garam dan masak hingga empuk. Potong kentang dan tambahkan seledri cincang, bawang bombay, telur rebus, mentimun, paprika, garam, merica, paprika, cuka beras, dan taburi sedikit minyak zaitun di atasnya.

5. Sup kentang

Semangkuk sup kentang hangat adalah makanan yang sempurna. Selain enak, juga sehat dan bisa menikmatinya di hari yang dingin. Sebagian besar versi sup kentang menambahkan krim dan keju, tetapi versi sup kentang yang lebih sehat dapat dimasak dengan kaldu ayam atau sayuran.

Cara memasak: Rebus kentang, bawang bombay, seledri dan merica hingga empuk. Campurkan tepung maizena dan kaldu ayam atau sayuran lalu aduk hingga halus. Potong kentang, bawang bombay, dan seledri, tambahkan tepung maizena dan kaldu sayur, masak dengan api sedang. Bumbui dengan garam dan merica, sajikan panas.

6. Kulit kentang

Kita sering membuang kulit kentang sebelum dimasak karena mengira tidak ada gunanya. Tetapi bagaimana jika kami memberi tahu bahwa kulit kentang bisa menjadi lauk yang menarik dan lebih tinggi nutrisinya daripada bubur kentang. Kulit kentang memiliki serat dan vitamin C hampir lebih banyak daripada daging kentang. Jadi lain kali saat memasak kentang, cobalah menjaga kulitnya tetap utuh.

Cara memasak: Gosok dan cuci kentang dengan benar. Potong menjadi dua memanjang dan keluarkan dagingnya, sisakan ¼ dari daging buahnya. Taburkan minyak zaitun di atas loyang dan letakkan kulit kentang di atasnya. Tambahkan bumbu dan sayuran cincang ke dalam kulit kentang dan taburi garam, merica, dan paprika. Panggang sampai garing, sekitar lima hingga tujuh menit di setiap sisinya. [*]

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.