Olahraga dengan Riasan Wajah, Bolehkah?

SALAMIBU – Olahraga membuat tubuh dan wajah Bunda berkeringat dan berantakan! Banyak kemudian yang berolahraga memakai riasan wajah saat agar tampil cantik dan tentu saja menarik untuk foto selfie. Apakah ini tindakan yang baik?

Berolahraga dengan riasan wajah bisa mengundang masalah yang berhubungan dengan kulit. Penting untuk membersihkan wajah dengan baik sebelum berkeringat. Jika Bunda juga bersalah karena mengenakan riasan, inilah saatnya menghentikan kebiasaan buruk ini.

Mengapa harus menghapus make-up? Saat berolahraga, suhu tubuh naik, jadi agar tetap sejuk, tubuh mengeluarkan keringat. Kenaikan suhu internal menyebabkan terbukanya pori-pori kecil pada kulit. Pori-pori kecil bertanggung jawab untuk mengeluarkan keringat dan minyak.

Riasan yang diaplikasikan pada kulit juga menutupi pori-pori. Ketika melakukan latihan ekstrim, keringat dan minyak semakin memadatkannya, yang menyebabkan pertumbuhan bakteri berlebih. Pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan iritasi kulit dan berjerawat.

Selain itu, berolahraga dengan riasan juga dapat menyebabkan iritasi mata. Itu karena kelopak mata adalah area paling sensitif di wajahmu. Seperti bagian wajah lainnya, kelopak mata pun bisa teriritasi oleh keringat dan make-up. Area tersebut akan menjadi kering, merah dan membuat kulit kusam. Ada juga kemungkinan besar bahwa make-up akan mengalir di pipi di akhir sesi karena keringat berlebih.

Bagaimana cara membersihkan wajah sebelum dan setelah berolahraga? Menyeka wajah hanya dengan tisu basah tidak akan membantu. Bunda harus membersihkan wajah dengan baik agar tidak ada debu dan kotoran yang terjebak di dalamnya. Gunakan pembersih wajah ringan untuk membersihkan wajah. Hindari bahan berbasis gel dan bahan pengelupas seperti asam salisilat untuk membersihkan wajah sebelum sesi olahraga. Larutan krim tidak akan menghilangkan minyak dan kelembapan dari kulit Bunda.

Membersihkan wajah setelah sesi latihan sama pentingnya dengan sebelumnya. Wajah dan tubuh kita semua berkeringat saat berolahraga. Mencuci wajah setelah sesi latihan membantu menghilangkan keringat dan minyak.

Kedua, di gym, peralatan dan kamar mandi semuanya dipenuhi berbagai jenis bakteri. Ada kemungkinan besar Bunda mungkin bersentuhan dengan beberapa orang saat mengangkat beban atau berlari di treadmill. Untuk menghindari jatuh sakit, basuh wajah atau yang terbaik adalah mandi setelah sesi olahraga Bunda. [*]

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.